Rabu, 09 Januari 2008

DID YOU NOW ???

Dari Manakah Asal Legenda Mengenai Cupid?

Kisah Cupid dan Psyche merupakan salah satu kisah cinta tertua yang dikenal manusia. Kisah ini sebenarnya merupakan bagian dari kumpulan cerita The Golden Ass yang diciptakan Lucius Apuleius pada abad ke-2. Dalam cerita ini, dewi Venus yang merasa cemburu pada Psyche yang sangat cantik, mengutus putranya, Cupid untuk memanah Psyche agar ia jatuh cinta pada manusia yang berasal dari kalangan rendah. Tetapi Cupid malah jatuh cinta dan akhirnya menikahi Psyche yang telah diubah menjadi immortal oleh dewa Zeus. Sungguh materi yang tepat untuk Soap opera………….

Mengapa Cincin Kawin Dikenakan di Jari Manis Tangan Kiri?

Dalam Kepercayaan kuno di dunia Barat, diyakini adanya urat nadi tertentu yang bernama vena amoris di jari manis tangan kiri, yang langsung terhubung ke jantung. Urat nadi ini juga disebut sebagai “The Vein Of Love “ karena posisinya itu. Hingga kini- walaupun nadi yang ini ternyata tidak ada – tradisi melingkari vena amoris dengan cincin kawin masih dilakukan.

Mengapa Kita Jatuh Cinta?

Karena hal itu membuat kita “kecanduan”, ungkap Helen Fisher, pengarang buku “Why We Love: The Nature and Chemistry of Romantic Love. Saat jatuh cinta, otak kita menghasilakn zat monoamine, yang memberikan perasaan senang, bersemangat, dan bahagia. Pengeluaran zat ini dikontrol oleh PEA atau phenylethylamine, yang bersifat serupa dengan amphetamine dan dapat menimbulkan kecanduan. Helen melanjutkan, Masalahnya, saat hubungan berlanjut lebih dalam, pengeluaran zat ini berkurang sehingga perasaan senang saat di awal hubungan pun tak ada lagi. Akibatnya, banyak orang yang mengalami serangkaian hubungan jangka pendek karena kecanduan zat ‘cinta’ ini.

FAKTA UNIK: Di Inggris, 12 juta kartu Valentine dikirimkan tiap tahun.

Jika Pupil Mata Seseorang Tak Membesar Saat Melihat Kita, Apakah Artinya Ia tak suka?

Jika mata adalah jendera hati, maka pupil mata adalah indikasi rasa senang. Saat melihat seseorang yang menarik hati, sejumlah besar adrenalin memasuki aliran darah dan mengakibatkan pupil mata membesar. Tetapi belum tentu orang tersebut tak suka hanya karena pupil matanya tak membesar. Aliran adrenalin akan berkurang seiring waktu. Hal ini hanya berarti mungkin saja orang tersebut telah terbiasa melihat kita.



Mengapa Mengedipkan Bulu Mata Mampu Memikat Perhatian?

Semua perempuan tahu kekuatan kedipan bulu mata saat meminta perhatian bartender di meja bar yang ramai. David Givens, pengarang buku Love Signals, memberikan penjelasan ilmiah di balik hal ini. Tak terlalu romantis, karena ternyata mengedipkan bulu mata merupakan sisa insting manusia sebagai makhluk primate. “Hal ini merupakan cara berkomunikasi non-verbal yang efektif untuk mengatakan pada calon pasangan bahwa kita tak berbahaya,” ungkap David Givens. “Kedipan mengindikasikan keramahan, sehingga partner potensial tak takut melakukan pendekatan.” Mengigat persaingan yg makin ketat serta pria-pria yang makin tak sensitive, tak heran jika mascara yang memanjangkan serta menonjolkan bulu mata laku keras!

FAKTA UNIK: Perempuan yang menikah paling sering di dunia adalah Linda Essex. Ia telah menikah sebanyak 23 kali.

Mengapa Pria Lebih Tak Setia Dibandingkan Perempuan?

Secara genetic, pria memang telah diprogram untuk menghasilkan keturunan sebanyak mungkin. Sayangnya, bahkan cinta seorang perempuan kadang tak cukup kuat untuk menumpulkan insting manusia purba ini. Dalam sebuah riset yang diadakan oleh Arizona State University, sekelompok pria yang melihat gambar-gambar perempuan telanjang merasa perasaan cinta pada partnernya serta merta berkurang. Perempuan- perempuan telanjang ini membangunkan insting untuk mengembangkan keturunan, karena itu para partner terasa sebagai halangan. Baiklah, pembenaran yang bagus.

Binatang Apakah Yang Paling Setia Pada Pasangannya?

Anda salah bila menjawab gorilla. Ternyata hanya 3 % mamalia yang menganut monogamy, dan juaranya adalah tikus padang rumput. Pasangan tikus padang rumput akan membuat sarang untuk tinggal bersama seumur hidup, serta menghindari tikus padang rumput lain jenis untuk menghindari godaan. “Saat kawin, tikus padang rumput mengeluarkan hormone tertentu yang membuatnya hanya focus pada pasanganya, “kata Larry Young, peneliti keterikatan social di Emory University, Atlanta. “Mereka menyadari betapa senang rasanya saat bersama pasangan, karena itu mereka ingin menghabiskan seumur hidup bersama sama.”

Kapankah Hamburger Pertama dibuat??
Kata ‘Hamburger’ berasal dari nama kota Hamburg di Jerman. Karena disini terdapat kebiasaan untuk menaruh potongan daging dalam roti. Walau demikian, masih ada perdebatan tentang asal usul hamburger modern. Ada teori yang menyatakan bahwa pada tahun 1900, 40 tahun SMcD (Sebelum Mcdonald), seorang pemilik restoran di New Haven bernama Louis Lassen menaruh daging giling panggang dalam dua keeping roti untuk pelanggan yang ingin makan siang cepat. Tetapi ini hanyalah salah satu teori diantara sekian banyak perkiraan lainya. Menurut Jeffrey Tennyson, pengarang buku Hamburger Heaven, “ Banyaknya teori ini tak mengejutkan, mengigat bahwa America berkembang dengan begitu cepat. Hamburger merupakan temuan kuliner bersejarah.

Apa Gunanya Kutikula??
Ada alasan kuat mengapa bagian kecil ini begitu sering dibicarakan. Ternyata fungsinya begitu besar, yaitu melindungi bagian sel kuku yang sedang tumbuh dan karenanya merupakan kunci penampilan kuku yang sehat. Walaupun tampak tak penting, kutikula merupakan pelindung efektif terhadap kotoran dan infeksi. Karena itu, hati-hatilah memperlakukan kutikula Anda.

Fakta Unik: Menaruh Uang Koin di Telinga adalah Perbuatan Ilegal di Hawaii. Mari Kita Taruhan Untuk Membuktikannya.

Apakah Ikan Tidur?
Ternyata ikan tidak tidur, tetapi mampu beristirahat santai seperti kita saat berselonjor di sofa sambil menonton Desperate Housewives. Hal ini diungkapkan oleh Steven Matchett, ahli kehewanan di National Marine Aquarium di Plymounth, “Kebanyakan ikan hanya beristirahat dengan berada dalam kondisi tenang untuk menghemat tenaga. Ada ikan yang aktif di siang hari, tetapi tak bergerak di malam hari. Ada juga jenis ikan yang beristirahat dengan bersembunyi di bawah tanaman. Sedangkan jenis ikan yang hidup di sela karang akan bersembunyi dalam celah-celah karang untuk menghindari pemangsanya.” Satu lagi alasan mengapa Anda tak boleh mengetuk-ngetuk akuarium.

Benarkah Setiap Cangkir Porselen Memiliki kandungan Tulang??
Didalam setiap cangkir teh yang Anda Minum, terdapat kandungan hewani yang tak Anda sadari. “Tulang binatang, yang merupakan produk sisa industri makanan, diproses menjadi tepung tulang dan dicampurkan dalam adonan porselen agar lebih kuat,” ungkap Heather bayliss, manager di Royal Doulton. “Penambahan tepung tulang membuat porselen lebih kuat, putih, dan bening.”

Fakta Unik: Bila Disalurkan dengan Tepat, Seekor Belut Listrik Mampu Menghasilkan Energi untuk Menghidupkan 50 mobi.

5 komentar:

Martin_sneal's blog mengatakan...

Wah,, bagus bener informasinya.. Dapat dari mana???
Tp yg g gak setuju kok dibilang laki-laki gak setia??
Jelas-jelas ditulis disana cew aja ada yang nikah sampai 20an kali..
So,,,,????

VENNY ARYAWINARTI mengatakan...

listya.... keren bgt dech u orang punya blog... btw, ada gak obat penyakit jomblo yang udah menahun???

Suryanty R. mengatakan...

kerenzzzzz. infonya bagus banget...

Vini mengatakan...

he.. ikan kalau tidur tar nelayan kaya raya dunx

Finy mengatakan...

Binatang paling setia tuh tikus padang rumput tohh.... Baru tau g.